ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4


Sahabat, Dari sisi kebahasaan, seperti yang dikutip oleh Binti Ma’unah dari kamus Webster tahun 1812, kurikulum berarti (1) a race course, a place for running, a chariot, (2) a course, in general, applied particullary to the course of study in university (Ma’unah, 2005: 1). Namun menurut S. Nasution istilah kurikulum baru muncul dalam kamus 1856, dan itu pun penggunaannya baru di dalam bidang olah raga. Kemudian istilah kurikulum digunakan di dalam dunia







pendidikan dan ditulis dalam kamus Webster tahun 1955 dan diartikan sebagai sejumlah mata pelajaran atau kuliah di sekolah atau perguruan tinggi yang harus ditempuh untuk mencapai suatu ijazah atau tingkat, juga keseluruhan pelajaran yang disajikan oleh suatu lembaga pendidikan (Nasution, 2005: 1). 

Banyak terjadi perdebatan terkait pengertian kurikulum. Dalam pengertian di atas kurikulum lebih diartikan sebagai terkait mata pelajaran dikelas saja. Namun Binti Ma’unah dengan merujuk pada pendapat J.G. Taylor dan William H. Alexander berpendapat bahwa kurikulum adalah semua pengalaman belajar atau pengalaman pendidikan bagi siswa (Ma’unah, 2005: 2).
Tanpa mengesampingkan perdebatan-perdebatan tersebut, pemerintah RI dalam UUSPN menyebutkan bahwa:
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan isi pelajaran, bahan kajian, dan cara penyampaian serta penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman  penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar.
Sumber : http://gurupembelajaran.blogspot.com/2013/09/pengertian-kurikulum-bagaimana-dengan.html

Sekitar kurang lebih 2 bulan yang lalu sahabat, admin dapat undangan workshop kurikulum terbaru ini sahabat, diantara beberapa hal yang paling inti adalah tentang beberapa elemen perubahan kurikulum 2013, diantaranya adalah :
  1. Peraturan pemerintah RI nomor 32 tahun 2013 tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan
  2. Permendikbut RI nomor 54 tahun 2013 tentang standar kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah 
  3. Permendikbud RI nomor 64 tahun 2013 tentang standar isi pendidikan dasar dan menengah 
  4. Permendikbud RI nomor 65 tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah
  5. Permendikbud RI nomor 66 tahun 2013 tentang standar penilaian pendidikan
  6. Permendikbud RI nomor 68 tahun 2013 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum smp/mts
Nah,......bagi sahabat yang kepengin download hasil materi workshop admin bisa di sedot ni file dibawah ini :

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:


Top